Rabu, 14 November 2012

Jenis - Jenis Clay



Jenis – jenis clay antara lain :

1. Lilin Malam
Merupakan salah satu jenis clay yang sering digunakan oleh anak-anak untuk mainan dan edukasi. Jenis ini biasanya tersedia dalam berbagai warna dan tidak bias kering/mengeras.


2. Paper clay
Paper clay dibuat dari campuran kertas yang direndam dalam air dan lem. Clay ini biasanya berwarna putih dan harus diberi cat apabila ingin menghasilkan clay yang berwarna-warni,dan dapat mengeras dengan cara diangin-anginkan.

3. Plastisin Clay (Clay Tepung)

Pastisin clay dapat dibuat sendiri dengan komposisi tepung terigu, tapioca, beras yang dicampur dengan lem dan pengawet makanan. Clay ini hampir sama dengan lilin malam, namun teksturnya tidak selembut dan selunak lilin malam.


4. Clay Roti
Clay ini juga dapat dibuat sendiri dari sisa-sisa roti, minyak, lem, serta pengawet makanan.

5. Polymer Clay
Polymer clay ada lah jenis clay yang paling mahal. Clay ini dijual di berbagai took kerajinan tangan,dan setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Clay jenis ini biasanya dikeringkan dengan cara dioven.


6. Jumping Clay
Clay ini jika diangin-angin kan akan kering dan tidak dapat diolah lagi, hanya saja jadinya ringan seperti gabus.
Dijual dengan berbagai macam warna didalam kantung alumunium foil (biasanya).
Cocok untuk dibuat menjadi boneka-boneka hewan atau manusia kecil.

7. Air Dry Clay/clay Jepang/clay Korea
Hampir sama dengan jumping clay, hanya saja bentuk akhirnya lebih padat.
Dijual dengan berbagai macam warna dan dibungkus dengan plastik kedap udara (biasanya).
Cocok untuk membuat miniature buah-buahan, sayuran, makanan atau lainnya.

8. Clay Asli (Tanah Liat/Keramik)
Pasti semua tahu yang ini, clay asli dari alam untuk membuat tembikar.
Cara pengeringannya setelah diangin-angin dibakar kedalam tungku.

9. Clay Imitasi
Tidak semua tahu perihal tentang clay ini. Yang pasti clay ini biasanya digunakan di pabrik-pabrik mobil, atau industri besar lainnya untuk dijadikan model produk. Warnanya coklat tua dengan cara dipanaskan dahulu, agar dapat dibentuk. Hasil akhirnya lumayan kokoh, tapi masih bisa diolah lagi kalau dipanaskan.


10. Gips
Gips terbuat dari bahan kapur yang dikeraskan. Cara pembuatannya, adonan yang encer dicetak (menjadi pot, hiasan kulkas, pajangan, dll), diangin-angin kan lalu di cat. Atau dapat juga dipadatkan berbentuk balok, lalu di ukir menjadi patung, abstrak atau lainnya.


11. Clay Sabun
Hampir sama dengan clay tepung, hanya saja warna yang dihasilkan terlihat lebih bagus. Dalam pembuatan clay yang sederhana, dapat menggunakan peralatan-peralatan yang cukup sederhana dan murah. Misalnya, pipa paralon, karton, sedotan, jarum pentul, gunting, pinset, cutter, cetakan, dan tang. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan tambahan sesuai kebutuhan sesuai kreasi yang dibuat. Misalnya, anting polos, gantungan HP, pita katun, manik-manik, cermin, dan peniti bros.Clay dapat dibuat untuk berbagai macam aksesoris (gantungan kunci, HP, pigura, hiasan di rumah maupun di tmpt lainseperti mobil) sesuai keinginan, dapat juga untuk diberikan sebagai hadiah atau kenang-kenangan yang berkesan u/ orang-orang yang kita sayangi.


Dikutip dari : http://awalonly.wordpress.com/2012/04/18/kerajinan-clay-antara-mudah-dan-mahal/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar